Tanda Murid Yesus : Saling Mengasihi. Sudahkah Memiliki Tanda Murid Yesus ?

Bacaan:

Tanggal 14/15 Mei 2022

Apa “perbedaan” Pengikut Kristus dengan orang-orang lain sekitarnya?

Apakah ayat 34: “Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi”. Jadi ajaran Kasih ini menjadi ciri khas kebanggaan kita? Tetapi semua keyakinan dari sejak zaman dulu juga mengajarkan tentang cinta kasih (mengasihi sesama), lalu jika semua keyakinan juga mengajarkan tentang kasih, lalu apa bedanya kita (Pengikut Kristus) dengan yang lainnya? Perintah baru apa yang dimaksudkan-Nya?

Perikop mengajarkan kita “Perintah Baru”, yang sekaligus akan menjadi jati diri/ciri khas Murid Kristus, yaitu:

  1. Mengasihi dengan standar “baru”, yaitu mengasihi seperti Yesus mengasihi kita (ay.34). Yaitu kasih yang tulus, dewasa, “agape” (tanpa pamrih, tanpa syarat..) Apakah dalam kehidupan sehari-hari kita sudah mendekati standar itu? Mari kita terus belajar, berlatih dan berusaha mencapai standar kasih Yesus dalam mempraktekkan hidup sehari-hari.
  2. Mengasihi dengan tujuan agar “Bapa dipermuliakan”, atau orang-orang yang berjumpa dengan hidup kita, atau merasakan kasih kita, diharapkan “mempermuliakan Bapa”… Nama Tuhan dipermuliakan melalui sikap, kata, tindakan perbuatan hidup kita.
  3. Mengasihi itu memperkuat tanda identitas (jati diri) kita sebagai para murid Yesus. Tanda pengenal kita tidak menggunakan semacam kartu anggota atau…, tetapi Kehidupan Tanda Pengikut Kristus. Sikap, kata, perbuatan kita memperkuat komunitas kasih yang dibentuk…

Jadi orang Kristen dapat dikatakan “sehat, waras, benar-benar Pengikut Yesus” jika dalam mempraktekkan ajaran iman Kristen dalam hidup sehari-harinya ia menunjukkan 3 hal di atas:

  1. Mengasihi dengan standar “baru”, yaitu mengasihi seperti Yesus mengasihi kita (ay. 34).
  2. Mengasihi dengan tujuan agar “Bapa dipermuliakan” (ay. 31-32), atau orangorang yang berjumpa dengan hidup kita, atau merasakan kasih kita, diharapkan “mempermuliakan Bapa”…
  3. Mengasihi itu memperkuat tanda identitas (jati diri) kita sebagai para murid Yesus. Tanda pengenal kita tidak menggunakan semacam kartu anggota atau…. tetapi Kehidupan Tanda Pengikut Kristus. Sikap, kata, perbuatan kita memperkuat komunitas kasih yang dibentuk…

Jika setiap kita yang mengaku sebagai Pengikut Yesus melakukan “saling mengasihi”, maka kebersamaan kita akan dapat menjadi “alat memulihkan/menyembuhkan” banyak orang, dan bahkan kebersamaan kita bisa menjadi “alat pemulihan”: hati yang kering, orang bermasalah. Mari dengan bersemangat kita mempersaksikan Kristus Juruselamat, dan dengan hati-hati kita belajar mempraktekkan semua ajaran kasih yang Yesus sudah teladankan. Demikian kiranya: Tuhan dipermuliakan! (PL)