Bergembira dan Pujilah Allah, Karena Sang Raja di Antara Kita

Bacaan:

Tanggal 9/10 April 2022

Bapak ibu dan saudara yang dikasihi Tuhan;

Dalam kehidupan manusia, ada 3 hal yang perlu diperhatikan, yaitu: pikiran, perasaan, dan perilaku. Ketiga hal tersebut sudah menjadi satu paket yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Satu dengan yang lain saling mempengaruhi. Jika perasaan saudara saat ini positif, akan mempengaruhi pikiran kita dan akhirnya perilaku juga menjadi positif. Salah satunya adalah yang dituliskan dalam tema kotbah hari ini. Kita lihat muatan positif yang disusun oleh perumus tema, yaitu: bergembira dan memuji Tuhan.

Bergembira (atau gembira) merupakan perasaan positif yang muncul dalam hati kita, tak dipungkiri perasaan positif ini akan berdampak pada pikiran. Pikiran kita begitu jernih, dan perilaku kita menjadi positif, yaitu memuji Tuhan. Baiklah jika kita balik, mulai dari perilaku memuji Tuhan; ini perilaku positif atau negatif? Tentu positif. Perilaku positif ini tidak muncul tiba-tiba begitu saja, namun hasil dari perasaan dan pikiran yang positif, yaitu gembira. Pertanyaannya: mengapa kita bergembira? Nah ini sudah pada ranah pikiran.

Mari kita kembali pada tema kita. Mengapa kita bergembira?
Ada beberapa alasan orang bergembira dan memuji Tuhan, yaitu karena:

  1. Mendapatkan apa yang diinginkannya.
  2. Terlepas dari masalah atau persoalan.

Bagaimana dengan para murid Yesus yang bergembira dan memuji Tuhan saat Yesus memasuki kota  Yerusalem? Para murid bergembira, karena berdasarkan ingatan mereka atas apa yang telah dilakukan Yesus. Perhatikan sebelum Yesus memasuki Yerusalem, ada beberapa kejadian yang mendahului, yaitu:

  1. Yesus yang menyembuhkan 10 orang kusta
  2. Yesus menyembuhkan orang buta di dekat Yerikho.
  3. Pertemuan dengan Zakheus

Sampai tibalah Yesus di kota Yerusalem dengan sambutan yang sangat meriah dari para murid dan orang banyak yang mengikut Yesus. Bagaimana dengan kita merayakan Minggu Palma ini? Apa yang membuat kita bergembira dan memuji Tuhan?